Kamu (Freelancer) Bisa Menjadi pengusaha

WANDANI.ORG - Ambil dari pengalaman 7 pengusaha yang mengawali kesuksesannya menjadi Seoarang Freelancer. Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis kecil, Anda harus membuat sebuah rencara, membuat beberapa keputusan soal keuangan, dan juga menyelesaikan beberapa laporan hukum. Kedengarannya mudah dan sederhana. Namun, ternyata masih ada banyak hal yang harus Anda lakukan daripada hanya duduk di depan komputer Anda, seperti memasarkan layanan atau produk Anda, dan juga menyusun berbagai proyek yang mampu menarik target market dan memuaskannya.

Kamu Bisa menjadi Entrepreneur

Beralih profesi dari seorang freelancer handal menjadi seorang entrepreneur pastinya sangat beresiko! Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak memiliki apa yang Anda perlukan untuk menjadi seorang entrepreneur. Anda tentu bisa mencari tahu apakah ada tanda bahwa Anda seorang entrepreneur?

Seorang Freelancer atau Pengusaha?
Ada perbedaan antara menjadi freelancer dan menjadi seorang entrepreneur.Freelancer hanya fokus memberikan pekerjaan dan dibayar untuk itu apakah itu per jam atau per proyek. Di sisi lain, pengusaha lebih fokus pada membangun bisnis jangka panjang yang bekerja. Mereka mendapatkan uang bahkan ketika mereka sedang tidur. Sebagai imbalannya mereka menerima risiko yang akan menjadi tantangan mereka yang baru.
Berikut adalah 7 profil entrepreneur yang mengawali karirnya dari menjadi freelancerhingga mereka melakukan berbagai upaya kreatifnya sampai menjadi seorang entrepreneur. Yuk simak bersama!

1. Brian Wong
Jika Anda seorang tech dan penggila game, kemungkinan bahwa Anda telah mendengar banyak tentang Brian Wong. Dia adalah seorang pengusaha muda, pendiri dan CEO dari Kiip. Salah satu hal yang Anda mungkin tidak tahu tentang Brian adalah bahwa ia memulai langkahnya seperti kebanyakan freelancer. Pada awalnya, ia bekerja merancang iklan menggunakan Photoshop dan mendapatkan upah dari klien.
1
Seiring waktu berlalu, dia berpikir tentang inovasi model iklan mobile game. Saat itulah ia mendirikan Kiip, aplikasi mobile yang menguntungkan untuk menyediakan klien mereka, dengan imbalan tertentu.
Kiip telah berkembang pesat selama dua tahun terakhir saat bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar, seperti, Disney, Carl Jr, Kodak, PepsiCo, Sony, Guinness World Records dan banyak lagi. Startup membuat Brian menjadi pengusaha termuda dan memiliki usaha yang didanai dunia dan Mashable menamainya dalam daftar  “Top 5 Young Entrepreneurs to Watch” pada tahun 2010 silam.

2. Sahil Lavingia
Sahil Lavingia adalah seorang desainer muda berbakat dan pengusaha serial yang kita semua harus menyorotnya. Dia telah merancang serangkaian aplikasi dan bekerja untuk brand terkemuka dan terkenal di industri media termasuk desain Pinterest, salah satu media sosial yang paling besar.
Sementara ia bekerja di Pinterest, ia mendapatkan banyak pengalaman. Kemudian, ia mengkombinasikan apa yang telah ia pelajari dari pengalaman masa lalunya, kemudian mendirikan Gumroad, sebuah layanan website yang bertujuan untuk membantu orang menjual barang mereka secara online.
2
Gumroad didirikan pada tahun 2011, dan tumbuh secara signifikan selama beberapa bulan terakhir. Dia mulai mengumpulkan lebih dari $ 8.1M dalam pendanaan dari perusahaan modal ventura terkenal, seperti, Kleiner Perkins Caufield & Byers, SV Angel, Collaborative Fund dan lain-lain.
Selebriti terkenal seperti Girl Talk, Wiz Khalifa dan David Banner telah menggunakan platform ini untuk menjual barang-barang mereka, dan inilah yang membuktikan bahwa Gumroad berada di jalur yang benar menuju kesuksesan.

3. Alex Mangini
Alex Mangini adalah pemilik dan pendiri kolakube. Dia adalah seorangenterpreneur muda yang mulai memberikan layanan kepada klien sebelum membuatsnazzy thesis skins untuk WordPress. Alex adalah pengusaha yang sangat berbakat dan kreatif yang mengkombinasikan Photoshop dan keterampilan mendesain webuntuk membuat tema yang mendorong bisnis.
Sebelum masuk lebih serius dalam penjualan tema online, produk pertama yang dia jual adalah thesis premium skin yang digunakan dalam blogussion.com (sebelum ia menjualnya) dan menghasilkan lebih dari $ 20.000. Kemudian, ia mencurahkan seluruh waktu dan upaya untuk membangun Kokalube nya.
3
Kolakube adalah situs yang direnovasi yang menjual premium thesis skins for WordPress. Situs ini telah memberikan layanan untuk pemasar online cerdas danblogger seperti Neil Patel, Jeremy Schoemaker, Derek Halpern, Lewis Homes dan banyak lainnya.
Bisnis online Alex berkembang lebih ke komunitas untuk pengguna tesis yang mencetak angka penghasilan hampir $ 120.000 per tahun.

4. Collis Ta’eed
Collis Ta’eed adalah enterpreneur sukses dan kreatif di balik Envato. Banyak situs tutorial, seperti, PSDTUTS +, Netuts +, VECTORTUTS +, AUDIOTUTS + dan banyak situs pasar lainnya yang membentuk jaringan Envato. Hal yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa sebelum mendirikan Envato, Collins adalah seorang freelance dan desainer wiraswasta.
4
Dia memulai karir freelancenya sebagai web designer, yang memberinya fleksibilitas dan dasar yang kuat untuk membuat lompatan untuk meluncurkan Envato pada awal Maret 2006. Envato yang saat ini adalah salah satu jaringan tutorial terbesar dan menghasilkan hampir $ 1 juta per tahun.

5. Cyan Ta’eed
Cyan Ta’eed adalah seorang desainer. Kita tidak bisa bicara tentang Envato tanpa menyebutkan dirinya. Dia mendirikan Envato bersama suaminya, Collis, dan Juni Rung.
6
Cyan memulai karir kewirausahaan sebagai seorang desainer freelance yang mencurahkan waktunya untuk bekerja di bidang kreatif. FreelanceSwitch, komunitasfreelancer ahli, adalah startup pertamanya sebelum menjadi salah satu pendidik dan informan di situs Envato ini. Sekarang, FreelanceSwitch memiliki lebih dari 384.383 anggota dan menunjukkan seberapa populer jaringan freelance.

6. Chris Pearson
Chris Pearson adalah salah satu web designer paling kreatif dan berbakat. Ya, dia adalah seorang selebriti online dan paling dikenal sebagai pencipta thesis framework for WordPress, dan pendiri DIYthemes.com.
7
Chris adalah mantan desainer freelance yang mulai merancang tema keren untuk WordPress dan bagi kliennya sebelum berpikir tentang sesuatu yang lebih besar daripada dirinya sendiri, suatu hal yang akan merevolusi overcrowded market of WordPress themes. Jadi, ia mengembangkan kerangka tema tesis.
Kerangka tesis telah bermitra dengan blog populer dan sukses seperti Copyblogger dan problogger. Blogger top seperti Ramit Sethi, Matt Cutts, Jason Fellas dan hampir 53.000 web designer cerdas bergantung pada kerangka yang kuat.

7. Carol Tice
Tidak peduli apa bidang freelancer Anda, yang penting adalah bagaimana Anda menghargai keahlian Anda dan bagaimana Anda mampu mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri. Carol Tice adalah contoh yang baik untuk Anda!
Dia adalah wanita di belakang MakeaLivingWriting dan memiliki banyak peran, salah satunya adalah mentoring. Dalam program bimbingannya, dia mengajarkan siswanya tentang bagaimana cara menghasilkan pendapatan angka tinggi dari menulis online.
8
Selain itu, ia juga mendirikan Freelancer Writers Denkomunitas bagi para penulisfreelance yang ingin meningkatkan pendapatan dan peluang keberhasilan mereka.
Freelancer Writers Den adalah jaringan yang sukses yang menawarkan bahan untuk menulis dalam berbagai cara, seperti e-courses, bootcamps, webinars dan live training events.

Mengaali karir sebagai seorang freelancer tentnya bukanlah hal yang buruk. Dengan bekerja menjadi seorang freelancer, Anda bisa bekerja dan mendapatkan banyak informasi seputar latar belakang berbagai perusahaan yang nantinya akan memungkinkan Anda untuk menemukan hal-hal kreatif . Tentunya hal-hal kreatif dan luar biasa tersebut memberikan kesempatan kepada Anda untuk mencoba tantangan baru dengan menjadi seorang enterpreneur. Selamat berkarya!

Sumber : http://www.hongkiat.com/
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pages